Berita

AHM Raih Penghargaan sebagai Pemimpin Pasar Sepeda Motor Selama 40 Tahun

Dibuat :08 Nov 2012
Dilihat :424

PT Astra Honda Motor (AHM) dikukuhkan sebagai pemimpin pasar sepeda motor dengan populasi terbanyak selama 40 Tahun di Indonesia dalam ajang penganugrahan apresiasi dan pengakuan prestasi Rekor Bisnis (ReBi) 8. Penyerahan penghargaan dilakukan di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta (07/11). ReBi yang digelar oleh Harian Seputar Indonesia bersama TERA Foundation memberikan apresiasi kepada perusahaan yang melalukan terobosan untuk kemajuan di dunia bisnis dan merubah wajah dunia bisnis Indonesia ke arah yang semakin baik, serta memberikan banyak akses kemudahan bagi konsumen dan masyarakat.
Head of Corporate Communication AHM Kristanto mengatakan penghargaan ini merupakan salah satu hasil kerja keras berbagai kalangan yang mendukung Honda selama 40 tahun berkiprah di industri sepeda motor di Indonesia. Dalam kurun waktu yang panjang ini, AHM selalu berkomitmen meningkatkan kualitas produk dan layanan terbaiknya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Tanah Air. Pencapaian luar biasa ini merupakan bentuk nyata dari dukungan dan loyalitas para pecinta sepeda motor Honda di Indonesia, jajaran manajemen, supplier, karyawan, jaringan Main Dealer, media massa, dan stakeholder lain yang telah mendukung kami.
Honda memulai produksinya pertama kali di Indonesia pada tahun 1971 dengan meluncurkan tipe Honda S 90 Z bermesin 4 tak berkapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya sekitar 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 40 ribu unit pada tahun berikutnya dan terus berkembang hingga saat ini. Sepeda motor terus berkembang dan menjadi salah satu moda transportasi andalan di Indonesia.
Berdasarkan data penjualan perusahaan, sejak Honda hadir di Indonesia tahun 1971 sampai akhir bulan lalu, sebanyak lebih dari 36 juta unit sepeda motor Honda berhasil menemani konsumen Tanah Air. Keberhasilan ini diikuti dengan pencapaian-pencapaian lainnya, seperti pengukuhan Honda sebagai Raja Bebek dan Raja Skutik seiring dengan tercatatnya bebek Honda dan skutik Honda sebagai pemimpin pasar di segmennya masing-masing.
Pada periode Januari-Oktober 2012, AHM mencatatkan penjualan sepeda motor Honda sebanyak 3,4 juta unit dengan pangsa pasar 57%. Posisi Raja Bebek tetap dipertahankan dengan pangsa pasar lebih dari 50%. Posisi Raja Skutik pun tetap menjadi milik Honda dengan pencapaian pangsa pasar 67%.

Sementara itu, sepanjang bulan lalu, sepeda motor Honda telah terjual 344.335 unit. Pencapaian ini ditunjang oleh tingginya lonjakan permintaan terhadap Honda BeAT series yang terjual 134.530 unit atau melonjak 29% dari penjualan bulan yang sama tahun lalu sebesar 104.284 unit.