Berita


Setelah dinobatkan sebagai Bike of The Year 2012 oleh Tabloid Motor Plus, Honda Vario Techno 125 PGM-FI kembali mendapatkan penghargaan sebagai Motorcycle of The Year dari Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) dalam ajang penghargaan FORWOT Motorcycle of the Year (FMY) 2012. Penghargaan ini diberikan di sela-sela pameran sepeda motor terbesar di Tanah Air yaitu Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 pada Jumat 2 November 2012 di Jakarta Convention Center, Senayan.

Honda Vario Techno 125 PGM-FI berhasil menyisihkan 14 motor terbaru tahun 2012 dari tujuh merek yang mengikuti ajang JMCS 2012 yaitu Suzuki, Kawasaki, Yamaha, KTM, Ducati dan Victory. Honda Vario Techno 125 PGM-FI berhasil meraih poin tertinggi dalam sebuah seleksi final yang melibatkan lima motor terfavorit yaitu, Kawasaki Ninja 250 FI, Suzuki Inazuma 250, Honda Vario Techno 125 PGM-FI, Yamaha Soul GT dan KTM Duke 200. Ketua Umum FORWOT, Eri Haryoko, mengatakan pemilihan motor terbaik FORWOT Motorcycle of the Year ini mengacu pada kegiatan serupa di Amerika Serikat, Eropa dan Jepang. Pemilihan dilakukan oleh 25 juri yang seluruhnya merupakan wartawan dari berbagai media cetak, elektronik maupun online. Mereka memberikan penilaian berdasarkan objektivitas masing-masing yang diyakini mewakili keinginan masyarakat Indonesia. Beberapa faktor yang dinilai antara lai desain, teknologi, performa, harga sampai masalah layanan purna jual. Dia menyatakan terpilihnya Honda Vario Techno 125 PGM-FI merupakan gambaran kebutuhan pada sebuah sepeda motor sebagai sarana transportasi masyarakat yang tak hanya dipandang dari segi kemewahan, tapi fungsi dan fitur yang ditawarkan serta harga yang terjangkau menjadi faktor penting dalam menjatuhkan pilihan pembelian sepada motor. "Pemenang dipilih bukan semata-mata barang berharga mahal dan tidak perlu bermimpi panjang untuk memilikinya," ujar Eri.
Head of Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Kristanto menyatakan penghargaan ini akan mendorong perusahaan untuk terus menjaga kualitas dan keunggulan produk serta meningkatkan layanan purna jual untuk konsumen. "Terima kasih kepada rekan-rekan jurnalis yang tergabung dalam Forwot atas penghargaan ini. Perhargaan ini tidak hanya untuk AHM tapi juga untuk konsumen setia Honda, khususnya para pemilik Honda Vario Techno 125 PGM-FI " ujarnya.

Honda Vario Techno 125 PGM-FI dipasarkan pertama kali pada bulan Maret 2012 dengan harga (on the road Jakarta) Rp15,9 juta untuk varian yang mengunakan sistem pengereman combi brake system dan Rp15,1 juta untuk varian standard. Model ini dibekali mesin 125cc-PGM-FI dan dilengkapi dengan teknologi matik terbaru Honda yang dikembangkan secara global, yaitu eSP (Enhanced Smart Power). Teknologi ini memberikan performa terbaik (200 meter hanya ditempuh dalam waktu 12,8 detik), konsumsi BBM 30% lebih hemat dibandingkan dengan Vario sebelumnya (52,1 km/liter dengan menggunakan metode pengukuran ECE R40), dan emisi gas buangnya dapat ditekan jauh lebih drastis. Dari sisi desain, Honda Vario Techno 125 PGM-FI memiliki desain tajam dengan karakter agresif sehingga terlihat lebih atraktif dan sporti. Generasi baru Honda Vario ini juga memiliki nilai fungsional dan kenyamanan terbaik di kelasnya. Dilengkapi teknologi ACG Starter yang mengombinasikan alternator dan starter yang sudah dipatenkan oleh Honda, motor ini mampu menyala dengan halus. Motor ini juga menawarkan kenyamanan posisi berkendara dan sistem panel elektrik dengan kombinasi tampilan analog dan digital yang mudah dilihat. Model ini juga dilengkapi dengan fitur bagasi serba guna Helm in berukuran 18 liter yang mampu menyimpan sebuah helm fullface. Tak ketinggalan fitur keselamatan terlengkap di kelasnya dapat ditemukan pada model ini yaitu Combi Brake System yang menambah kepakeman pengereman, standar samping otomatis (Side Stand Switch), dan Brake Lock.