Berita


Jambi - Bertempat di PT Sinar Sentosa Primatama (SSP) Main Dealer Training Centre, Paal VI Kotabaru Jambi, Rabu 12 November 2014 diadakan Technical Training Programmed Fuel Injection (PGMFI) untuk Bengkel Mitra Binaan (BMB) Honda. Sebanyak 17 peserta perwakilan mekanik dari BMB wilayah Jambi hadir untuk mempelajari teknologi Honda berupa teknologi Injeksi Honda.

Perwakilan dari BMB wilayah Jambi terdiri dari Tunas Motor, Edi Motor, Mitro Motor, Belato Jaya Motor, Star One Motor, Tanjung Motor, Indah Jaya Motor, Sinar Jaya Motor, Pratama Motor, Teguh Raya Motor II, Eka HMTC, dan Sumber Agung Motor.

“Maksud dan tujuan diadakannya Technical Training untuk BMB adalah untuk meningkatkan keterampilan dan etos kerja BMB wilayah Jambi khususnya sistem PGM FI Honda serta sebagai peningkatan pelayanan purna jual terhadap konsumen Honda di jaringan BMB”, sambutan dari Afrian Mulyanto selaku Service Manager SSP.

Training Teknologi PGM FI ini membahas mengenai alasan mengapa harus injeksi, apa saja keunggulannya, prinsip kerjanya, garansinya dan hal lain yang bebas ditanyakan secara mendetail oleh peserta. Technical Training ini di bagi menjadi 2 sesi, berupa penjelasan teori dan praktek langsung. Febri Daulay, Trainer Technical Training Center menjelaskan bahwa kehadiran sistem Injeksi di latar belakangi masalah lingkungan yang saat ini semakin buruk. Perubahan lingkungan saat ini semakin membahayakan kehidupan, dimana volume CO meningkat, ozon rusak dan terjadilah pemanasan global, serta peningkatan industri dan kendaraan bermotor maka secara otomatis akan meningkatkan kadar CO dan mengakibatkan kelangkaan sumber energi.

“Bayangkan saja, penjualan unit Honda seluruh wilayah Jambi rata-rata setiap bulannya mencapai 4000-5000 unit. Berapa banyak kadar CO yang dilepaskan?“, imbuh Febri Daulay.
Untuk hal tersebut Honda sejak tahun 1982 sudah mulai menerapkan sistem injeksi pada motornya. Dan pada tahun 2005 AHM menerapkan teknologi PGM-FI pada Honda Supra X 125 yang menjadikan Honda sebagai pelopor sepeda motor injeksi di Indonesia.

PGM-FI adalah suatu sistem pasokan bahan bakar yang dikontrol secara elektronik dengan keunggulan paling hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Dan tidak perlu khawatir untuk bahan bakar bisa menggunakan premium. Komponen PGM-FI Honda tidak mahal dan dapat diganti secara modular sesuai dengan kerusakan serta keunggulan injector Honda PGM-FI sebesar 0,130 micron (paling kecil di dunia). Kini, PGM-FI Honda telah diterapkan pada seluruh tipe sebagai contoh di tipe Cub yaitu Supra X Helm-in, Supra X 125 dan Revo AT, tipe matic yaitu Spacy, PCX, Vario CBS 125, Vario 110, dan Beat FI, selanjutnya di tipe sport yaitu CB 150 R, Verza, Megapro FI, CBR 150, dan CBR 250.

“Kegiatan Technical Training ini benar-benar sangat bermanfaat dan menambah wawasan mengenai sistim PGM-FI. Mengetahui latar belakang, keunggulan dan bagaimana proses kerja komponen pendukung PGM-FI tersebut, ternyata kehadiran teknologi PGM-FI dari Honda ini benar-benar membuat lembaran baru penyelamatan lingkungan bagi generasi mendatang, terima kasih Honda.” tutur Adi perwakilan dari bengkel Tanjung Motor.